13 September 2017

Ngetik 10 Jari (Simulasi Digital)

Letak Jari pada Papan Ketik

Pada saatini, tombol pada mesin ketik dan papan ketik pada komputer dengan tatanan QWERTY , diberlakukan sebagai s tandar yang digunakan di Indonesia. Penempatan  jari  pada  tombol  papan ketik  komputer  dengan  tepat  akan mempercepat  proses  pengetikan.  Pengukuran  kecepatan mengetik  dilakukan dengan satuan jumlah ketukan tiap menit.


Letak  jari  pada  huruf  ASDFG  dan  HJKL:, Huruf F dan G diketuk dengan jari telunjuk tangan kiri. Huruf J dan H diketuk dengan jari telunjuk tangan kanan.

Letak  jari  pada  huruf  QWERT dan YUIOP . Huruf  R dan T diketuk dengan  jari telunjuk tangan kiri. Huruf U dan Ydiketukdengan jari telunjuk tangan kanan.


Letak  jari  pada  huruf  ZXCVB  dan  NM<>?.  Huruf  V  dan  B  diketuk  dengan  jari telunjuk tangan kiri. Huruf M dan N diketuk dengan jari telunjuk tangan kanan. Perhatikan  baik-baik!  Pada ketiga  kasus,  ibu  jari  kiri  dan  ibu  jari  kanan digunakan hanya untuk tombol spasi.

Sekarang,  mulailah  berlatih  menekan  tombol  huruf  dengan  jari  yang  benar. Teruskan  berlatih!  Latihlah  jari -jemari  hingga  fasih.  T anpa  melihat  papan  ketik pun,  jari-jari  yang  terlatih  seolah-olah  tahu  di  mana  letak  tombol  semua  huruf dalam alfabet yang terdapat  pada papan ketik. Pada  hakikatnya,  “mengetik 10 jari” adalah mengetik huruf, bukan kata atau kalimat.