14 August 2017

Silabus Simulasi dan Komunikasi Digital Tahun 2017


SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah            : ..............................................…………………………………….
Bidang Keahlian          : Semua Bidang Keahlian
Kompetensi Keahlian   : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran           : Simulasi dan Komunikasi Digital
Durasi (Waktu)           : 108 JP
Kelas/Semester           : X
KI-3 (Pengetahuan)     : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)    : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja
yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

                               
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer



4.1 Menggunakan fungsi-fungsi Perintah (Command)

3.1.1 Menjelaskan konsep logika.
3.1.2 Menyusun flowchart contoh algoritma sederhana dalam kehidupan sehari-hari.


4.1.1 Menggunakan Perintah berdasarkan fungsi.

4.1.2 Membuat permainan menggunakan perangkat lunak animasi 3D (Alice atau sejenis).
     Konsep logika dan algoritma
     Notasi flowchart
     Membuat permainan sederhana menggunakan perangkat lunak animasi 3D
6
     Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep logika dan algoritma menggunakan Flowchart
     Mengumpulkan data tentang fungsi dan fitur perangkat lunak animasi 3D
     Mengolah data tentang skenario algoritma permainan sesuai idenya dalam bentuk Flowchart
     Mengomunikasikan tentang algoritma  permainan dan cara penggunaan aplikasi animasi 3D yang dibuatnya
Pengetahuan:
     Tes tertulis
Keterampilan:
     Unjuk kerja
     Portofolio
3.2 Menerapkan metode peta minda







4.2 Membuat peta-minda

3.2.1 Menjelaskan metode peta-minda.

3.2.2 Menguraikan ide menjadi konsep.

3.2.3 Menentukan alternatif solusi pemecahan masalah.

4.2.1 Mengoperasikan perangkat lunak peta-minda.

4.2.2 Membuat peta-minda dari hasil pengembangan ide berdasarkan alternatif solusi.
     Metode peta-minta untuk penguraian masalah
     Perangkat lunak Peta-Minda
3
     Merumuskan masalah dengan cara mengobservasi pikiran menggunakan metode peta-minda
     Mengumpulkan data berupa kata-kunci yang terkait ide
     Mengolah data dari kata-kata kunci yang didapat untuk dikategorikan berdasarkan kesamaan sifat, ciri, cara kerja, atau jenis
     Memresentasikan hasil peta-minda yang dibuat
Pengetahuan:
     Wawancara
Keterampilan:
     Unjuk kerja
3.3 Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.




4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata
3.3.1 Menganalisis ciri-ciri paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.

3.3.2 Membandingkan paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.

4.3.1 Memanipulasi dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata.

4.3.2 Membuat tulisan deskriptif.

4.3.3 Mengembangkan proposal menggunakan perangkat lunak pengolah kata.


     Jenis dan ciri paragraf
     Memformat dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata
6
     Mengamati untuk mengidentifikasi tentang ciri-ciri paragraf berdasarkan karakterisktik melalui contoh tulisan
     Mengumpulkan data tentang fungsi fitur pada perangkat lunak pengolah kata dengan cara memformat tulisan yang belum diformat
     Mengolah data tentang fungsi fitur perangkat lunak pengolah kata dengan cara memformat dokumen yang belum diformat
     Mengomunikasikan tuisan deskriptif dalam bentuk proposal
Pengetahuan:
     Tes tertulis
Keterampilan:
     Unjuk kerja
     Portofolio

3.4 Menerapkan logika, dan operasi perhitungan data











4.4 Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
3.4.1 Menjelaskan urutan kerja operator matematika.

3.4.2 Mengurutkan operator matematika sesuai hasil yang diharapkan.

3.4.3 Menentukan penggunaan fungsi logika IF, AND, OR, ELSE pada perhitungan berkondisi.

3.4.3 Memanipulasi sel.

3.4.4 Menyalin nilai berdasarkan referensi nilai sel dan referensi alamat sel.

4.4.1 Menggunakan formula pada pemrosesan data.

4.4.2 Menampilkan data dalam bentuk grafis.
     Operasi perhitungan  matematika
     Perangkat lunak pengolah angka
     Fungsi logika pada perangkat lunak pengolah angka
     Referensi berdasarkan sel
     Referensi berdasarkan nilai
     Grafik dan Diagram
9
     Mengumpulkan data tentang operator matematika
     Mengolah data menggunakan perangkat lunak pengolah angka
     Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang fungsi logika di formula pada perangkat lunak pengolah angka
     Mengomunikasikan data hasil pengolahan dan disajikan dalam bentuk grafik atau diagram
Pengetahuan:
     Tes tertulis
Keterampilan:
     Unjuk kerja
     Portofolio
3.5 Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide









4.5 Membuat slide untuk presentasi
3.5.1 Menjelaskan jenis, fungsi, dan keuntungan penggunaan perangkat lunak presentasi.

3.5.2 Menentukan fitur umum yang sering digunakan pada perangkat lunak presentasi.

3.5.3 Menganalisis slide yang sesuai dengan pesan yang akan disampaikan.

4.5.1 Menggunakan fitur perangkat lunak presentasi.

4.5.2 Membuat slide presentasi yang dilengkapi dengan transisi dan animasi.
     Jenis dan fungsi fitur perangkat lunak presentasi
     Teknik merancang Slide
9
     Mengamati untuk mengidentifikasi fungsi, jenis, dan keuntungan penggunaan perangkat lunak presentasi
     Mengomunikasikan cara penggunaan .perangkat lunak presentasi dalam bentuk diskusi peer teaching dan kelompok
     Mengumpulkan data teknik membuat slide, penyisipan objek, penambahan transisi, dan fitur animasi pada slide
     Mengolah data dalam bentuk tugas untuk dibuat menjadi slide sesuai perintah
Pengetahuan:
     Wawancara
     Observasi diskusi
Keterampilan:
     Unjuk kerja
     Observasi
     Portofolio
3.6 Menerapkan teknik presentasi yang efektif








4.6 Melakukan presentasi yang efektif
3.6.1 Menentukan desain yang efektif.

3..6.2 Membandingkan kesesuaian desain slide dengan informasi yang disampaikan.

3.6.2 Menilai teknik penyempaian presentasi orang lain.

4.6.1 Membuat slide dengan pertimbangan proporsi, komposisi, dan harmoni.

4.6.2 Melaksanakan penyampaian sesuai kaidah teknik presentasi.
     Faktor yang mempengaruhi pemirsa dalam presentasi
     Teknik mendesain slide
     Teknik penyampaian
6
     Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang presentasi yang mampu menarik perhatian audien berdasarkan kaidah teknik presentasi simdig
     Mengumpulkan data tentang faktor yang mempengaruhi audien dan  design slide yang efektif dan efisien dengan pertimbangan proporsi, komposisi, dan harmoni
     Mengolah data ke dalam slide menggunakan teknik penyusunan slide
     Presentasi menggunakan teknik penyampaian dengan semangat dan penuh hasrat
Pengetahuan:
     Wawancara
Keterampilan:
     Unjuk kerja
     Portofolio
3.7 Menganalisis pembuatan E-book













4.7 Membuat E-book dengan perangkat lunak E-book Editor
3.7.1 Menjelaskan contoh dan kelebihan E-book.

3.7.2 Menjelaskan berbagai format E-book.

3.7.3 Mengurutkan proses konversi.

3.7.4 Memilih perangkat lunak pembaca file E-book.

3.7.5 Memilih informasi pada metadata.

4.7.1 Melaksanakan konversi file menjadi HTML.

4.7.2 Melengkapi file E-book dengan file multimedia.

4.7.3 Melengkapi daftar is pada E-booki.

4.7.4 Membuat sampul.

4.7.5 Melengkapi metadata.

4.7.6 Menampilkan file E-book
     Buku elektronik (E-book)
     Prosedur membuat E-book menggunakan Sigil
     Membuat sampul menggunakan Ms. PowerPoint
     Perangkat lunak pembaca file E-book
6
     Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kelebihan E-book dan format file
     Mengumpulkan data tentang prosedur pembuatan E-book, meliputi konversi file, melengkapi metadata, dan pemilihan perangkat lunak pembaca file E-book
     Mengolah data tentang  penyisipan file multimedia ke dalam file HTML
     Mengubah file HTML menjadi format Epub untuk dikomunikasikan melalui perangkat lunak pembaca E-book
Pengetahuan:
     Tes tertulis
Keterampilan:
     Unjuk kerja
     Portofolio
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital











4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital
3.8.1 Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.

3.8.2 Menjelaskan konsep internet safety.

3.8.3 Menjelaskan jenis virus komputer dan pencegahannya.

3.8.4 Menjelaskan simbol Creative Commons.


4.8.1 Mengimplementasikan penggunaan internet dengan aman.

4.8.2 Memilih dan memilah informasi.
     Konsep Kewargaan Digital
     Cyberbulliying dan Cyberharrasment
     Menggunakan internet dengan aman
     Simbol Creative Commons
3
     Mengumpulkan data tentang Undang-Undang ITE, konsep Kewargaan Digital, dan jenis virus komputer yang umum
     Mengolah data kasus aktual di internet terkait pelanggaran UU ITE dan kerusakan yang diakibatkan oleh virus
     Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penggunaan  perangkat komunikasi dan internet dengan aman, serta memilah dan memilih informasi
     Mengomunikasikan cara penggunaan internet dengan sehat sesuai konsep Kewargaan Digital dalam bentuk tulisan dan presentasi publik
Pengetahuan:
     Presentasi publik
Keterampilan:
     Observasi

3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine




4.9 Melakukan penelusuran informasi
3.9.1 Menjelaskan komponen mesin penelusur.

3.9.2 Menentukan sintak penelusuran sesuai kebutuhan pencarian informasi.

4.9.1 Menggunakan sintaks penelusuran yang tepat sesuai kebutuhan pencarian  informasi.

4.9.2 Melakukan penelusuran lanjutan.


     Komponen dan cara kerja mesin penelusur
     Sintak pada mesin penelusur
     Penelusuran lanjutan
6
     Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang teknik penelusuran yang efektif dan komponen mesin penelusur
     Mengumpulkan data tentang beragam sintak penelusuran yang efektif
     Mengolah data penelusuran menggunakan kombinasi beberapa sintak
     Mengomunikasikan teknik penelusuran yang menggunakan kombinasi sintak dan tataletak urutan kata
Pengetahuan:
     Tes tertulis
     Wawancara
Keterampilan:
     Unjuk kerja
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan







4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.1 Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.

3.10.2 Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.

3.10.3 Menyimpulkan kelebihan dan kekurangan komunikasi sinkron dan asinkron.

3.10.4 INDIKATOR SINKRON: Melakukan chatting (teks dan video).

4.10.1 INDIKATOR ASINKRON: Melakukan komunikasi menggunakan E-mail.

4.10.2 INDIKATOR ASINKRON: Melakukan publikasi konsep menggunakan Blog.

4.10.3 INDIKATOR ASINKRON: Melakukan kolaborasi Dokumen Daring (Online Documents).

4.10.4 INDIKATOR ASINKRON: Menggunakan layanan penyimpanan file Daring (Online Cloud-Storage).
     Prosedur komunikasi daring sinkron dan asinkron
     Chat
     Email
     Blog
     Membuat, mengubah, dan berbagi file Dokumen Daring
     Penyimpanan Daring
9
     Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kelebihan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
     Mengumpulkan data proses komunikasi sinkron dan asinkron dan layanannya dalam jaringan
     Mengolah data cara penggunaan setiap layanan sinkron dan asinkron dalam jaringan
     Mengomunikasikan penggunaan layanan komunikasi sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan
Pengetahuan:
     Tes tertulis
     Wawancara
Keterampilan:
     Unjuk kerja
Observasi
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring







4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)
3.11.1 Menjelaskan keunggulan pembelajaran jarak jauh.

3.11.2 Menerapkan prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.

3.11.3 Memilih fitur yang tepat dalam aktivitas khusus sesuai perintah guru.

4.11.1 Melaksanakan tugas secara daring.

4.11.2 Menggunakan materi pelajaran, file, atau sumber belajar daring.

     Pembelajaran jarak jauh
     Pemanfaatan layanan jejaring sosial daring untuk pembelajaran
9
     Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang keunggulan belajar jarak jauh
     Mengumpulkan data jenis layanan jejaring sosial daring yang dapat digunakan untuk pembelajaran
     Mengolah data cara penggunaan layanan jejaring sosial untuk pembelajaran
     Mengomunikasikan tentang fitur pada layanan jejaring sosial untuk pembelajaran
Pengetahuan:
     Tes tertulis
Keterampilan:
     Unjuk kerja
     Observasi
3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi





4.12 Membuat dokumen tahap pra-produksi
3.12.1 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Memahami alur proses pembuatan video.

3.12.2 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membandingkan sinopsis, naskah, dan storyboard.

4.12.1 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membuat sinopsis.

4.12.2 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membuat naskah.

4.12.3 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Mendesain karakter.

4.12.4 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Membuat storyboard.
     Konsep pembuatan video
     Teknik pembuatan sinopsis, naskah, dan storyboard
     Desain karakter

12
     Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang cara membuat video atau animasi
     Mengumpulkan data tentang perbedaan pada sinopsis, naskah, dan storyboard
     Mengolah data cara membuat sinopsis naskah, dan storyboard
     Membuat sinopsis, naskah, dan storyboard berdasarkan topik yang telah dipilih sesuai plot cerita, kebutuhan tampilan visual-audio. Serta merancang desain karakter sesuai sinopsis dan naskah (khusus animasi)
Pengetahuan:
     Tes tertulis
Keterampilan:
     Unjuk kerja

3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital








4.13 Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital
3.13.1 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Menjelaskan elemen sinopsis, naskah, dan storyboard.

3.13.2 INDIKATOR VIDEO: Menelaah naskah untuk kepentingan penentuan lokasi, pemain, peralatan, wardrobe.

3.13.3 INDIKATOR VIDEO: Menganalisis sinematografi.

4.13.1 INDIKATOR VIDEO:  Mengoperasikan kamera.

4.13.2 INDIKATOR VIDEO dan ANIMASI: Menggunakan teknik penempatan dan pergerakan kamera.

4.13.3 INDIKATOR VIDEO: Memanipulasi pencahayaan.

4.13.4 INDIKATOR ANIMASI: Mengoperasikan perangkat lunak animasi.

4.13.5 INDIKATOR ANIMASI: Melakukan modelling, texturing, rigging.

4.13.6 INDIKATOR ANIMASI: Memodifikasi objek (scalling, rotating, moving).

4.13.7 INDIKATOR MUSIK: Mengoperasikan perangkat lunak penulisan nada atau penyunting audio.
     Sinematografi dasar
     Penempatan dan pergerakan kamera
     Konsep pencahayaan
     Perangkat lunak animasi 3D atau penyunting audio

15
     Mengamati sinopsis, naskah, dan storyboard untuk mengidentifikasi kebutuhan syuting
     Mengumpulkan data untuk penentuan lokasi, pemain, peralatan, pencahayaan, wardrobe, dan pengambilan gambar
     Mengolah data mencari/merancang lokasi, penyediaan pemain/karakter dan wardrobe, penyediaan peralatan, dan pengondisian pencahayaan sesuai naskah dan storyboard
     Membuat video atau animasi sesuai sinopsis, naskah, dan storyboard. Khusus musik digital: merangkai musik digital
Pengetahuan:
     Tes tertulis
     Wawancara
Keterampilan:
     Unjuk kerja
     Observasi
     Portofolio
3.14 Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital






4.14 Membuat laporan hasil pasca-produksi
3.14.1 Menyeleksi kesesuaian hasil produksi dengan naskah
3.14.2 Memilih fitur yang tepat pada perangkat lunak penyunting  video/animasi sesuai kebutuhan.

3.14.3 Menyeleksi fitur perangkat lunak rendering akhir.

4.14.1 Memodifikasi scene/objek.

4.14.2 Menggabungkan video, objek animasi, dan/atau musik digital.

4.14.3 Melakukan Rendering.

4.14.4 Menggabungkan teks pada video atau animasi.

4.14.5 Membuat laporan hasil pengelolaan proyek
     Perangkat lunak penyunting video/animasi/
     Teknik memotong dan menggabungkan scene
9
     Mengamati untuk mengidentifikasi tentang kesesuaian hasil produksi dengan naskah
     Mengumpulkan data bagian tahapan produksi yang tidak/belum sesuai dengan naskah maupun arahan sutradara
     Mengolah data untuk melakukan penyesuaian scene menggunakan perangkat lunak editor video, animasi, atau musik digital
     Menggabungkan setiap scene menjadi video utuh sesuai naskah. Khusus animasi: melakukan rendering
Pengetahuan:
     Tes tertulis
     Wawancara
Keterampilan:
     Unjuk kerja
     Observasi
     Portofolio









Keterangan Pengisian Format Silabus
Nama Sekolah           : diisi nama SMK yang bersangkutan.
Bidang Keahlian         : diisi nama Bidang Keahlian sesuai Spektrum Keahlian PMK berdasarkan Kepdirjen Nomor 4678/D/KEP/MK/2016.
Kompetensi Keahlian : diisi nama Kompetensi Keahlian sesuai Spektrum Keahlian PMK berdasarkan Kepdirjen Nomor 4678/D/KEP/MK/2016.
Mata Pelajaran           : diisi nama mata pelajaran sesuai Struktur Kurikulum berdasarkan Kepdirjen Nomor 130/D/KEP/KR/2017.
Durasi (Waktu)           : diisi jumlah waktu mata pelajaran secara keseluruhan.
KI-1                             : diisi rumusan Kompetensi Inti 1 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.
KI-2                             : diisi rumusan Kompetensi Inti 2 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.
KI-3                             : diisi rumusan Kompetensi Inti 3 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.
KI-4                             : diisi rumusan Kompetensi Inti 4 yang dirujuk sesuai Mata Pelajaran yang bersangkutan.
Kolom 1:  diisi nomor dan rumusan pasangan KD yang dipindahkan dari format KI dan KD mata pelajaran yang bersangkutan.
Kolom 2:  diisi dengan rumusan IPK yang merupakan rincian standar minimal kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik.
Kolom 3:  diisi dengan Materi Pokok yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk menguasai KD berdasarkan IPK. Khusus untuk materi mata pelajaran peminatan kejuruan (C2 dan C3) dapat mempertimbangkan KUK dan batasan variabel/lingkup variabel/range of variabel SKK yang diacu.
Kolom 4:  diisi dengan Alokasi Waktu jam pelajaran yang disediakan untuk mempelajari pasangan KD.
Kolom 5:  diisi dengan pokok-pokok proses pembelajaran berpendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik pasang KD

Kolom 6:  diisi dengan Aspek, Pendekatan, dan Teknik Penilaian yang disarankan.